Sabtu, 05 April 2014

Review Kelompok 3 ( Akuntansi Keuangan Lanjut)


Laporan Keuangan Konsolidasi

Pengertian Laporan keuangan konsolidasi
Adalah laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan dari hasil operasi  sebuah grup perusahaan yang terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan.

Tujuan dibuat Laporan Keuangan Konsolidasi 
Untuk memberikan gambaran yang objektif sesuai keseluruhan posisi dan aktivitas, dimana laporan tersebut tidak boleh menyesatkan pihak-pihak lain.      
     
Manfaat dibuat Laporan Keuangan Konsolidasi           
-         Memberikan gambaran yang jelas tentang sumber daya perusahaan
-         Memberikan informasi berisi bagi manajemen induk perusahaan mengenai operasi gabungan.

Metode yang digunakan dalam pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi
1.      Konsolidasi dengan Metode Ekuitas ( Equity Method)
Induk perusahaan dan anak perusahaan bergabung menjadi satu kesatuan, untuk mengetahui dan melaporkan posisi keuangan dan perkembangan usaha.
2.      Konsolidasi dengan Metode Biaya (Cost Method)
Diakui sebagai pendapatan oleh perusahaan induk jika perusahaan anak membagikan deviden ke perusahaan induk. Laporan Laba/rugi perusahaan tidak dicatat oleh perusahaan anak.

Bagaimana Prosedur dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi ?
-     Mengeliminasi rekening nilai jurnal timbal balik yang dicatat oleh kedua pihak pada suatu transaksi yang sama.
-       Menyusun kertas kerja untuk laporan keuangan.

Fungsi penyesuaian dan eliminasi dalam Laporan Keuangan Konsolidasi ?
-         Untuk mengetahui perbandingan modal saham untuk perusahaan induk atau perusahaan anak.
-         Menunjukan posisi laporan keuangan yang akan di konsolidasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar