Rabu, 10 Oktober 2012

Artikel 2


BATIK

Artikel kedua ini, saya mau bahas mengenai BATIK, warisan budaya Indonesia yang sudah di akui di dunia, dan ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 0ktober 2009. Orang Indonesia pasti tau dong Batik, yang engga tau keterlaluan deh  -__-“ 


Batik adalah Kesenian atau kerajinan orang-orang Indonesia yang terbuat dari bahan kain yang akan di buat dengan teknik dan penggunaan motif – motif tertentu. Batik biasanya ada di daerah pulau jawa, tapi sekarang di daerah seluruh Indonesia juga banyak terdapat batik.

Ragam dan corak batik bermacam – macam tergantung daerah masing – masing dan adat istiadatnya.Contohnya batik di bawah ini, ini adalah batik Jawa Hokokai dari tahun 1942 – 1945. Sudah lama sekali batik ini sejak kemerdekaan kita, tapi tetap di gemari banyak orang.


Berbeda dengan motif batik di atas, yang satu ini terlihat lebih keren dengan motif batik horse, terlihat kain batik yang di padukan dengan gambar kuda membuat kain batik ini berbeda dengan motif batik lainnya lebih modern.

 

Jenis Batik menurut tekniknya di bagi beberapa macam :

1.        1. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  1. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  2. Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Wikipedia
Batik juga merupakan kebudayaan yang terkenal di dunia lohh, tidak hanya orang – orang Indonesia saja yang memakai batik. Artis Hollywood juga sudah banyak yang mengenakan batik, ini nih salah satu contohnnya..

Siapa sih yang tidak kenal wanita yang satu ini, Jessica Alba. Bintang yang pernah sukses dan dikenal lewat film “ Dark Angel “ mengenakan batik dress batik yang di padukan dengan sepatu boots yang terlihat lebih modern.


Batik sudah mendunia, seharusnya kita bangga sebagai bangsa Indonesia terhadap kebudayaan dan warisan Indonesia serta selalu menghargai, menjaga agar tetap eksis di dunia. Jangan mau kalah sama artis hollywood yang memakai batik, kita pun seharusnya memakai batik dengan bangga. Ini lohh batik Indonesia, Keren kan...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar