Selasa, 30 Oktober 2012

Komputerisasi Anggaran


Apa yang seharusnya dilakukan seorang Manajer dalam mempertimbangkan untuk menyusun anggaran ?

1.    Jenis Produk dan Jasa

Produk adalah Barang dan jasa yang di perjualbelikan / suatu keinginan atau kebutuhan  masyarakat yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar, “sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya”

Jasa pada dasarnya adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan, memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud (intangible) bagi pembeli pertamanya.”

Oleh karena itu, setiap perusahaan didalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberi daya guna dan daya pemuas serta daya tarik yang lebih besar.


2.    Penetapan Harga

Penetapan Harga adalah menetapkan suatu barang yang akan di produksi dan di jualnya.
Apabila nilai harga barang itu terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh oleh penjual. Penentuan harga juga memiliki beberapa tujuan dan pendekatan dalam penentuan harga.

 pendekatan tersebut ada 3 macam, yaitu : pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar. Selain itu penentuan harga juga memiliki strategi-strategi tertentu.

3.    Kondisi Pasar

Jika Jenis produk dan harga telah di tetapkan maka kondisi pasar harus di pertimbangkan dalam menyusun anggaran agar proses pemasaran produk dan jasa dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan, sehingga produk yang akan di pasarkan cocok dengan kondisi pasar yang sudah di lihat. 

Kondisi pasar itu sendiri adalah keadaan di mana produk yang akan di jual dapat sesuai dengan kondisi yang ada di pasar tersebut.

 
4.    Saldo dan keadaan Persediaan

Di dalam suatu perusahaan saldo yang tersedia dapat di perhitungkan untuk kebutuhan produksinya dan keadaan persediaan barang atau produk tersebut sesuai dengan anggaran yang diperlukan.

5.    Jumlah Karyawan dan Kemampuan Mereka

Karyawan adalah seseorang yang ditugaskan sebagai pekerja dari sebuah  untuk melakukan operasional perusahaan dan dia bekerja untuk digaji. Berhubungan dengan karyawan pasti takkan lepas dari kinerja karyawan maka dan setiap perusahaan akan selalu melakukan penilaian kinerja karyawan. 
 
Mengingat pentingnya peran seluruh karyawan dalam menentukan keberhasilan perusahaan maka diperlukannya kemampuan mereka untuk membuat perusahaan menjadi di minati, karena jika tidak ada karyawan perusahaan tidak dapat memperkirkan anggaran tsb.
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar